Wednesday, January 5, 2011

SURAMADU GELAP GULITA ? IRONIS

Tahukah kalian tentang jembatan Suramadu ?

        Ya, jembatan ini adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, yang menghubungkan antara Pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura (Bangkalan). Saat ini jembatan ini memiliki predikat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, yaitu dengan panjang 5.438 m. Jembatan ini terdiri dari tiga bagian yaitu, jembatan utama, jembatan penghubung dan jalan layang.

Suramadu di Sinag Hari

Jembatan ini adalah lambang (icon) dari perkembangan teknologi dan infrastruktur yang pesat di Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. Jembatan Suramadu mempunyai nilai estetika yang berbeda-beda ketika kita lihat di pagi, siang, sore atau malam hari.  Ketika kita lihat di malam hari, jembatan ini memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu jalanan yang berwarna-warni, sehingga menyenangkan hati orang yang melihatnya. Suasana romantis yang diciptakan oleh lampu-lampu yang dipancarkannya pada malam hari, membuat masyarakat yang melewati jembatan ini menjadi tenang dan damai.

Suramadu di awal



          Namun, ketika saya lihat belakangan ini, tepatnya di Bulan Desember penghujung tahun 2010, perhatian Pemerintah Daerah Propinsi  Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya sangat kurang terhadap jembatan yang seharusnya kita pelihara sebaik mungkin. Lampu-lampu di jalan sepanjang jembatan ini mati, dan bahkan di tengahnya, atau jembatan utama mati total, sehingga pengendara kendaraan bermotor yang melewati jembatan ini kurang dapat menikmati suasana yang dimunculkan oleh Suramadu.

Sebenarnya, masalah utamanya adalah soal keselamatan, ketika lampu jalan layang dan jembatannya padam, otomatis pengendara harus lebih berhati-hati dan waspada dengan lampu kendaraan mereka masing-masing.

Seharusnya, Pemerintah Daerah cepat tanggap terhadap masalah ini. Lampu jalanan mati. Mungkin ini memang masalah yang sangat sepele dibanding masalah-masalah Pemerintahan yang lainnya. Namun sayangnya, maslah ini adalah “masalah yang konkret”, di mana mata semua manusia yang normal bisa melihatnya.

Suaramadu di akhir Desember 2010


Apa artinya kinerja Pemerintah Daerah yang bagus, namun jika kita lihat icon(lambang) daerah tersebut tidak terurus dan terbengkalai ?

Jika saya menjadi Presiden pada tahun ini, pasti saya akan langsung memanggil para Pejabat Daerah tersebut, untuk menyadarkan mereka akan masalah yang sepele namun sangat penting ini.

Kepada Pemerintah Daerah, kami sebagai warga yang mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasi, tentunya merasa resah dan ingin membuat sebuah perubahan. Tetapi tentu saja, ketika semua itu tidak dibantu oleh pihak pemerintah, maka tidak akan berjalan dengan baik. Semoga Pemerintah segera tersadar, bahwa jembatan ini adalah salah satu aset terbaik daerahnya.

No comments:

Post a Comment