Thursday, December 30, 2010

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi


Definisi dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah sesuatu yang memudahkan manusia, untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan informasi. Dengan kata lain Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi i, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. 
  from      to  

TIK memiliki beberapa karakteristik yaitu, konektivitas, interaktivitas, multimedia, konvergensi, portabilitas, personalisasi dan kolaborasi. Dari karakteristik TIK tersebut, dapat kita simpulkan bahwa manusia memiliki dua fungsi kedudukan yaitu sebagai individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya  dan  dapat melakukan interaksi dengan baik.

Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia berupaya mencari dan menciptakan suatu sistem dan alat untuk saling berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan) di dinding-dinding gua manusia purba, isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan telepon dan internet. Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai kepada siasat bertempur.

Pada dasarnya, TIK sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang dari jaman prasejarah hingga masa sekarang yang akan saya paparkan berikut ini.
 
1.       Masa Pra-Sejarah (masa belum mengenal tulisan …s/d 3000 SM)

Pada masa ini tulisan memang belum dikenal, oleh karena itu, manusia di zaman pra-sejarah mengembangkan teknologi informasi yang berfungsi sebagai suatu sistem pengenalan bentuk yang ada di sekitar mereka. Manusia yang hidup di zaman ini menggambarkan informasi tentang berburu dan binatang buruan yang didapatkan, pada dinding-dinding gua. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal mereka kemudian mereka melukisnya pada dinding-dinding gua. Kemampuan manusia di zaman ini dalam berbahasa hanya suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka.


Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.



2.       Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada masyarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok, serta digunakan pada kegiatan  tertentu seperti upacara, dan ritual. TIK yang digunakan membutuhkan biaya yang cukup banyak, oleh karena itu teknologi tersebut belum dapat digunakan secara masal kepada khalayak umum.

3000 SM
Tulisan pertama kali digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol pictograph sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda, sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
2900 SM
Huruf Hierogliph digunakan pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda, di mana ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda.  Bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.




500 SM
Pada zaman ini, kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil. Kertas ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

105 M
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

3. Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )

Tahun 1455
Johann Gutenberg mengembangkan sebuah mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai kayu .
Tahun 1830
Augusta Lady Byron, penulis program komputer pertama yang bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical yang didesain dapat memasukkan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
Tahun 1861
Cikal bakal film berawal dari gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar. Tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal. Tahun 1877 Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.

Tahun 1899
Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama. Tahun
1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. Tahun 1940 Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi. Pada Perang Dunia ke-2, Iptek dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext. Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan pada tahun 1946. Tahun 1948 Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
Tahun 1957 
Jean Hoerni mengembangkan Transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.
Tahun 1962
Rand Paul Brand, dari perusahaan RAND, mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir. Tahun 1969 Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik) antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps.
Program e-mail (electronic mail) pertama diciptakan oleh Roy Tomlinson. Program tersebut merupakan program pertama yang digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh dalam bentuk teks.

Tahun 1973 - 1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi untuk DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
Tahun 1991- Sekarang
Pada awalnya sistem bisnis dalam bidang IT terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya dalam menanggulangi biaya operasionalnya. Pada Tahun 1992 dibentuk komunitas Internet, dan diperkenalkan istilah World Wide Web oleh CERN. Tahun 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet), 1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.


Sumber : APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) 
                 Buku Catatan Anindita Alisia pada pelajaran PTIK-10 (Ibu Henning) Rabu, 1 September 2010
               

No comments:

Post a Comment