Sunday, January 9, 2011

Filosofi KI : Time Management



Nama Kegiatan              : Praktikum Mata Kuliah Keterampilan Interpersonal
Hari, tanggal                  : Kamis, 25 November 2010
Pukul                             : 15.30 – 18.00
Tempat Pelaksanaan      : Plasa Garden Sistem Informasi – ITS
Rundown Acara             : 1. Ice Breaking (Badai Pasti Berlalu)
                                         2. Pasir Waktu
                                         3. Manajemen Waktu



Praktikum Keterampilan Interpersonal kali ini membahas tentang bagaimana cara memanajemen waktu dengan baik. Setiap individu memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam, namun mengapa masih ada orang yang sukses dan belum bisa sukses ? Salah satu penyebab orang yang belum bisa berhasil adalah mereka kurang bisa memanajemen waktu yang mereka punya dengan baik.

Karena pada hakikatnya, hanya diri kita sendiri yang bisa mengatur segala bentuk kegiatan apa yang akan kita lakukan. Entah itu kegiatan yang penting atau kegiatan sampingan yang tidak penting. Berikut adalah pembahasan tentang materi-materi yang disampaikan dalam praktikum kali ini. 


1.       Ice Breaking (Badai Pasti Berlalu)

Pada permainan ini kami diminta untuk menjadi pohon dan burung. Pohon adalah dua orang yang saling berpasangan dan burung adalah orang yang berada di bawah kedua pohon tersebut. Peraturannya adalah, ketika instruktur memberikan aba-aba “badai” maka semua harus berpindah tempat. Pohon harus berganti pasangan, burung harus berpindah untuk mencari pohon yang baru.

Ketika instruktur berkata “kebakaran” maka pohon harus berpindah tempat dan mencari pasangan yang baru, namun ketika instruktur berkata “kebanjiran” maka yang harus berpindah tempat adalah burung, untuk mencari pohon yang baru.

Bagi pohon dan burung yang tidak sempat berpindah tempat dan tidak mempunyai pasangan, maka akan mendapatkan “hadiah” untuk maju ke atas panggung. 

2.       Pasir Waktu 

Pada materi kegiatan kali ini, fasilitator menyediakan satu gelas aqua kosong, 3 buah bola pingpong dan beras.  Sebelum permainan ini di mulai, kakak fasilitator menjelaskan terminology dari masing-masing barang yang disediakan. 

Gelas aqua kosong       : waktu 1 hari 24 jam.
Bola pingpong              : kegiatan penting yang rutin dilakukan.
Beras                            : Kegiatan sampingan yang bukan merupakan kegiatan utama.

Dalam materi kali ini, kami diminta untuk bisa memasukkan ke tiga bola pingpong dan beras yang telah disediakan dalam sebuah gelas aqua kosong. Padahal, jika diamati lebih lanjut, jumlah beras yang disediakan adalah melebihi kapasitas gelas, dan bola pingpong yang disediakan sebanyak tiga buah.



Bagaimanakah caranya ?

Yang harus diperhatikan disini adalah, menempatkan kegiatan penting yang rutin dilakukan terlebih dahulu, sebelum melakukan kegiatan sampingan dalam satu hari.

Oleh karena itu, kita harus memasukkan terlebih dahulu bola pingpong, sebelum memasukkan beras. Jadikan beras itu sebagai pengisi waktu luang kita dalam satu hari. Beras yang disediakan tidak harus semuanya dimasukkan, karena beras yang ada cukup banyak dan tidak akan cukup ketika kita masukkan ke dalam gelas aqua tersebut.

Kita tidak dianjurkan untuk memaksakan beras yang masuk ke dalam gelas tersebut, karena ketika beras itu hanya berada di atas gelas dan tidak masuk ke dalam gelas, itu berarti kegiatan yang kita miliki telah melewati batas waktu 24 jam.

Permainan ini menggambarkan bahwa kita harus pandai-pandai mengelola kegiatan dalam satu hari. Sehingga, kegiatan yang kita miliki ini tidak terbengkalai, dan kita bisa membuat prioritas yang baik, kegiatan mana yang harus kita dahulukan dan kegiatan mana yang hanya dijadikan sebagai kegiatan sampingan pengisi waktu luang.

3.       Memanajemen Waktu

Setelah permainan pasir waktu berakhir, kakak fasilitator memberikan selembar kertas berisi tabel yang menggambarkan statement tentang bagaimana kita memanajemen waktu dengan baik.

Dalam tabel tersebut disediakan indicator nilai di mana ketika kita menilai statement tersebut dengan nilai 1 berarti statement tersebut tidak sesuai dengan perilaku kita, dan ketika kita memberikan nilai yang lebih besar sampai 4, berarti statement tersebut sesuai dengan diri kita.

Ketika kita mendapat angka yg kecil, berarti kita sudah berhasil menjadi seseorang yang mengatur waktu dengan baik dan bisa mengutamakan kegiatan yang penting daripada kegiatan sampingan.

Namun ketika kita mendapatkan nilai yang besar berarti kita adalah seseorang yang belum bisa mengatur waku dengan baik.

Praktikum kali ini memiliki materi yang sangat penting bagi kami. Karena sebagai mahasiswa baru masalah utama kami adalah : “memanajemen waktu dengan baik”. Ketika kami tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, maka kegiatan pun akan terbengkalai semuanya. Karena inti dari kesuksesan dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru adalah bisa mengatur waktu dengan baik.





2 comments:

  1. Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete