Sunday, January 9, 2011

Filosofi KI : tell me about your self with Johari Window



Jendela Johari adalah sebuah tabel dengan 4 baris dan 4 kolom yang menggambarkan 4 buah area, di mana masing-masing area menggambarkan keadaan atau sifat seseorang. Jendela Johari yang merupakan sebuah karya ilmiah dari Joseph Luft dan Harrington V. Ingham ini mencerminkan tingkat keterbukaan seseorang yang dibagi dalam empat kuadran, kuadran-kuadran tersebut adalah :


Diri Kita Tahu
Diri Kita Tidak Tahu
Orang Lain Tahu
Kuadran I

PUBLIC AREA

(sebuah area yang menggambarkan keadaan di mana diri kita menyadari dan orang lain mengetahui karakter atau sifat yang ada di diri kita).

Kuadran II

BLIND AREA

(sebuah area yang menggambarkan keadaan di mana orang lain bisa mlihat beberapa karakter muncul pada diri kita, tetapi kita sendiri tidak menyadarinya).
Orang Lain Tidak Tahu
Kuadran III

HIDDEN AREA

(sebuah keadaan yang menggambarkan daerah yang tersembunyi di mana yang mengetahui karakter itu hanya kita sendiri, tetapi orang-orang di sekitar kita tidak mengetahuinya).
Kuadran IV

UNKNOWN AREA

(sebuah area yang sulit ditebak, karena baik kita sendiri maupun orang-orang di sekitar kita tidak mengetahui karakter yang tersembunyi ini. Biasanya keadaan atau karakter yang berada pada area ini adalah yang berhubungan dengan Ketuhanan / religious)

Tentang seorang Anindita Alisia Amanda :



1.      Kuadran 1 ( PUBLIK AREA)

Menurut kesadaran diri saya dan pendapat dari orang-orang di sekitar saya yang saya ambil dari survey secara acak kepada beberapa responden, sifat atau karakter yang termasuk di dalam public area, antara lain :

Baik, pintar, supel, ramah, mudah bergaul, cerewet, lucu,  pintar berbicara, cengeng, penakut, cuek, tidak suka sayuran, tidak suka ketinggian, tukang tidur, pemalas, susah menangkap suatu hal secara cepat (loading lama) ,mudah panik,  setia kawan, penyayang dan moody (mudah berubah perasaannya).



Survey ini saya ambil dari 15 orang-orang terdekat saya, yaitu teman-teman baik yang seumuran dengan saya dan lebih tua dari saya. Selain teman-teman saya juga mengambil sample dari keluarga saya.

2.      Kuadran 2 ( BLIND AREA)

Pada area ini, saya mengambil sample yang sama dari 15 orang sebelumnya, di mana mereka menyebutkan beberapa sifat yang tidak saya ketahui atau tidak saya sadari, tetapi mereka menyadarinya. Karakteristik itu adalah :

Kurang peduli. Ada beberapa teman saya yang berpendapat, bahwa saya sering kali mengacuh tak acuhkan sesuatu hal yang tidak penting bagi saya. Saya sendiri kurang menyadari ketidak pedulian tersebut.

Wanita yang tegar. Ada beberapa responden yang menyebutkan bahwa saya adalah seorang wanita yang tegar. Namun pada dasarnya, saya kurang bisa menyadari adanya karakter tersebut dalam diri saya. Karena karakter dominan yang ada di diri saya adalah, saya anak yang mudah panik dan gampang menangis (cengeng). Tetapi mereka mengatakan bahwa ada sisi lain di balik sifat cengeng saya tersebut.

3.      Kuadran 3 ( HIDDEN AREA)

Pada area ini adalah suatu keadaan di mana saya menyadari akan karakteristik yang saya memiliki, tetapi karakter tersebut tidak disadari oleh orang banyak. Karakter tersebut adalah :

Saya adalah tipe penunda pekerjaan atau bisa dibilang last minute person. Di mana saya sering sekali mengerjakan tugas-tugas yang begitu mepet dengan deadline yang ada. Meskipun saya sudah berusaha sekuat tenaga untuk tidak malas mengerjakannya, tetapi sangat susah bagi saya untuk merubah pola ini. Mungkin di mata orang-orang di sekitar saya, saya terlihat sebagai anak yang rajin yang selalu mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu, tetapi mereka tidak melihat bagaimana proses saya mengerjakannya.

Sulit untuk memaafkan seseorang. Walaupun saya dikenal sebagai orang yang ramah, dan setia kawan, mungkin beberapa di antara mereka, kurang paham bahwa saya begitu sensitive dan perasa, sehingga terkadang saya sering sulit untuk memaafkan orang lain yang telah menyakiti hati saya.

4.      Kuadran 4 (UNKNOWN AREA)

Pada kuadran ini adalah di mana kita sama-sama tidak mengetahui karakteristik yang ada dalam diri kita masing-masing. Entah itu seperti apa, kita tidak bisa memprediksikannya karena orang lain pun tidak dapat melihatnya.

Menurut saya, yang ada dalam area ini adalah tingkat keimanan. Di mana yang tahu hanyalah Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Karena memang, pada dasarnya, kita hanyalah manusia biasa yang tidak tahu apa-apa tentang penilaian keimanan umat manusia.

Sehingga dapat saya simpulkan area ini berfungsi sebagai penggambaran karakteristik seseorang secara vertical dengan Tuhannya.

No comments:

Post a Comment