Thursday, December 30, 2010

Review Game : Game yang Cinta Matematika


Nama Game    : Sebran
Tema               : Kumpulan Game Matematika   
                                           
Game edukasi kedua yang akan saya bahas adalah bernama Sebran. Sebenarnya ini adalah kumpulan dari beberapa game edukasi. Game ini merupakan kumpulan game matematika dan logika,  di mana di dalamnya terdapat operasi hitung-hitungan berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, tebak kata, dan permainan lainnya yang akan saya bahas beberapa dalam review game ini.



Ini adalah bentuk awal (home) dari permainan Sebran. Di mana di dalamnya terdapat 12 mini games yang berisi tentang permainan logika dan matematika. Game ini merupakan game edukatif yang sangat kreatif, karena bisa membuat beberapa mini games dalam satu permainan. Jadi, seandainya user merasa bosan, ia bisa langsung pindah ke permainan lainnya.


Saya sempat bermain beberapa mini games yang ada, yang paling saya suka adalah bermain Hang Man, karena pada permainan ini saya merasa sangat tertantang untuk bisa menebak huruf apa yang akan terbentuk dalam teka-teki ini.

Ada beberapa permainan lain yang sempat saya mainkan, di antaranya adalah operasi penjumlahan dan pengurangan. Soal-soal yang disediakan sangatlah mudah. Jadi, ketika game ini disebarkan di lingkungan mahasiswa, mungkin mereka akan malas untuk menjawab soal-soalnya, yang setingkat soal murid Sekolah Dasar.


Ada beberapa permainan lagi yang menarik yaitu berkaitan dengan memory. Di mana kita membuka kotak-kotak dan mencari isi yang sama kemudian dicocokkan satu dengan lainnya. Game ini membutuhkan ingatan yang baik untuk bisa mendapatkan time result yang baik pula.

Kelebihan dari game ini adalah game ini merupakan aplikasi dari game matematika yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran para siswa Sekolah Dasar dengan metode yang menarik. Selain itu, game ini terdiri dari beberapa mini games yang terdiri dari beberapa games sehingga ketika user merasa bosan terhadap permainannya, maka user bisa beralih ke permainan lainnya.

Game ini bisa diubah menjadi berbagai bahasa. Seperti bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol dan lainnya.

Kekurangan dari games ini adalah soal-soal yang ditampilkan pada operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian terlalu mudah, sehingga ketika game ini disebarkan di lingkungan mahasiswa mungkin user akan merasa bosan dan tidak tertantang terhadap soal-soal dalam game ini.

1 comment:

  1. Blognya bagus mbk..
    Boleh bantu review game sederhana buatan adekku?
    Gamenya sederhana dan buat segala usia..

    linknya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indogeek.brainflips

    ReplyDelete