Thursday, December 30, 2010

Review Game : Pertempuran di Kota Tercinta


P 10 NER (Pertempuran 10 Nopember) 

Sebenarnya saya belum pernah bermain langsung game ini, tapi ketika saya melihatnya di you tube, saya menjadi tertarik untuk bisa mereview game ini. Karena, menurut saya game ini memiliki nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air yang sangat tinggi.


Game edukasi ini dibuat oleh Tim Game Development dari Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Game ini dibuat karena kecintaan para mahasiswa terhadap tanah air, khususnya dalam merebut bumi Surabaya dari tangan penjajah.


Game ini terdiri dari 4 misi, di mana tiap misinya menjelaskan beberapa peristiwa penting di kota Surabaya, diantaranya adalah :

1.      Misi 1 : Insiden Hotel Yamato
2.      Misi 2 : Pertempuran di Kantor Pemerintahan Surabaya
3.      Misi 3 : Kematian AWS Mallaby
4.      Misi 4 : Puncak Pertempuran 10 Nopember

Game ini menceritakan tentang seseorang yang berhasil merampas senjata dari penjajah, dan pemuda ini ingin berjuang di medan pertempuran 10 Nopember. Di mana ia bertekad untuk merobek bendera merah putih biru menjadi merah putih saja, dengan merobek warna biru yang terdapat pada bendera tersebut.

Game ini memiliki desain 3 dimensi yang sangat unik, dan game ini layaknya game tembak-tembakan seperti virtual cop, Rambo atau lainnya. 


Kelebihan dari game ini adalah, pesan moral yang dikandung sangat baik sebagai media pembelajaran bagi kita semua, tanpa memandang siapa yang bermain game ini pada nantinya. Entah itu anak-anak ataupun orang dewasa, game ini cocok untuk segala umur. Game ini juga mengisahkan beberapa tokoh perjuangan, seperti Bung Tomo dan AWS Mallaby. Hal ini membuat kita, bisa terus mengenang sejarah, karena bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya sendiri.

Kekurangan dari game ini adalah, sedikitnya level yang terdapat dalam game ini sehingga membuat user selalu ingin bermain lagi.

No comments:

Post a Comment