Tuesday, December 28, 2010

Bagaimana Rasanya Hidup dalam Dunia Game ?






Judul Film            : TRON : Legacy
Genre                   : Science Fiction
Director                : Joseph Kosinski
Production          : Walt Disney Pictures


Apakah Anda pernah membayangkan hidup dalam dunia virtual, dunia game seperti karakter-karakter game yang kerap kali kita mainkan ? Ya, Anda akan merasakannya ketika Anda melihat Film yang sangat menegangkan ini.

Sinopsis Film :
Kevin Flynn (Jeff Bridges) adalah seorang programmer atau seseorang yang ahli dalam pembuatan program virtual game yang sangat canggih. Pada malam itu, Sam Flynn (Garret Hedlund) anak Kevin Flynn, minta dibacakan dongeng tentang sebuah permainan Tron oleh ayahnya. Namun sejak malam itu, Kevin Flynn pemegang Perusahaan ECON menghilang secara misterius dan sejak saat itulah Sam terobsesi untuk mencari ayahnya, dengan mempelajari computer dan teknologi dunia virtual.

Dua puluh tahun kemudian, Alan Bradley (Bruce Boxleitner) rekan dari Kevin Flynn, meminta tolong kepada  Sam untuk menyelidiki signal aneh yang datang dari video buatan yang dibuat oleh ayah Sam.  Dengan berbagai cara dan ilmu teknologi yang selama ini ia pelajari, akhirnya Sam bisa masuk ke dunia virtual yang dibuat oleh ayah Sam. Tetapi ternyata, keadaan telah berubah, Clu, kloningan yang dibuat oleh Kevin Flynn ternyata berniat jahat dan ingin menguasai dunia virtual itu. Sam terjebak, karena mereka menyadari bahwaSam adalah “user” bukan “program yang dibuat, oleh karena itu mereka ingin menghancurkan Sam.




Untungnya, dalam beberapa usaha penyelamatan dirinya, Sam dibantu oleh Quora  (Olivia Wilde) yang merupakan makhluk yang tercipta dengan sendirinya dari dunia yang dibangun oleh Dr.Kevin Flynn ini. Makhluk itu bernama ISO algorithm, dan Quora adalah ISO terakhir yang masih hidup. Karena selama ini Clu berambisi untuk memusnahkan semua ISO yang ada.
Quora membantu Sam dalam menemukan ayahnya di suatu tempat. Setelah Sam bertemu dengan ayahnya, ternyata Kevin tampak lebih tua, namun dia masih memiliki kekuatan yang optimal. Clu dan Tron, program cloning yang dibuat oleh Kevin ingin sekali memusnahkan Kevin agar ia bisa menguasai dunia. Berkali-kali, kevin ingin pulang ke dunia nyata, melalui gerbang portal yang cukup dijaga erat oleh para program yang menjaganya, namun ia belum berhasil.
Akhirnya, dengan kedatangan Sam dan bantuan dari Quora, mereka berhasil sampai di portal batas antara dunia nyata dan virtual game. Namun, usaha mereka digagalkan oleh Clu, dengan beberapa kali pertempuran dan akhirnya Sam dan Quora berhasil menembus portal itu untuk kembali ke dunia nyata, meski harus kembali tanpa Kevin. Dr.Flynn sang programmer hebat itu pun tetap hidup di dunia virtual game buatannya sendiri, selamanya.
Review Film :
Karena genre dari film ini adalah Science Fiction, film ini banyak menampilkan teknologi-teknologi yang begitu canggih dan modern. Film ini menggambarkan kehidupan masa depan di mana semua yang ada di dunia ini berhubungan dengan programming, computer dan dunia virtual berhologram yang canggih. Film ini bisa memberikan inspirasi tersendiri, bagi mereka yang suka dengan dunia berteknologi canggih dan mereka yang menyukai dunia game.
Namun di sisi lain, ada beberapa plot dalam cerita ini yang membuat penonton agak bingung dalam mengikuti alur cerita dan kita harus berkali-kali menebak-nebak karakter yang ada dalam film ini.
Film ini memberikan beberapa pesan moral, bahwa keluarga dan orang-orang kepercayaan kita adalah jaminan kebahagiaan dalam kehidupan kita. Pekerjaan, tahta dan harta bukanlah segalanya. Karena keluarga lah, kita bisa mengetahui arti dari sebuah kebahagiaan.

No comments:

Post a Comment