Wednesday, December 22, 2010

Euforia Rakyat Indonesia dalam Menyambut Kemenangan TimNas

Indonesia… Indonesia…Indonesia…


Belakangan ini, yel-yel yang menyerukan kata-kata Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kostum Tim Nasional Indonesia pun kian marak dijual di pasaran. Masyarakat Indonesia seakan menjadi satu, tanpa adanya perbedaan asal, suku dan agama. Semua merasakan euforia kemenangan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia dalam perebutan Piala AFF 2010.

Pertandingan ini adalah pertandingan sepak bola yang diikuti oleh Negara-negara se-Asia Tenggara. Di mana dalam pertandingan ini, Indonesia selalu menghasilkan sebuah hasil pertandingan yang sangat menakjubkan. Tak heran jika antusiasme warga Indonesia berlebihan dalam menyambut kemenangan timnas kita tercinta. Apalagi, di final nanti, Indonesia akan bertemu dengan Negara tetangga yang sering berseteru dengan kita yaitu, Malaysia.

Euforia kemenangan selalu tampak dalam setiap pertandingan timnas dengan lawannya yang berhasil mereka tumbangkan dengan hasil yang menakjubkan. Dalam sekejap, Indonesia bisa bersatu padu menjadi sebuah pendukung yang satu, tanpa memandang apakah mereka berasal dari Persija, Persib, PSM, Persebaya, Arema, dana tim-tim daerah lainnya.

Hal ini merupakan suatu permulaan yang sangat menarik, di mana masyarakat bisa menyadari, bahwa kesatuan itu amat penting. Tidak ada lagi Jack-Mania, Bonek, Arema atau Viking, yang ada hanyalah Indonesia. Sebuah peristiwa yang amat menarik dan perlu dicatat dalam sejarah persepakbolaan negeri ini.


Seperti yang kita tahu, bahwa dalam setiap pertandingan sepak bola local daerah, selalu diakhiri dengan sebuah kerusuhan dan keonaran. Mengacaukan stadion pertandingan, membuat pawai dan arak-arakan yang membuat macet jalanan, melakukan tindakan-tindakan anarkis yang meresahkan warga, dan segudang tindakan negatif lainnya yang selalu dilakukan oleh supporter tim daerah kebanggaan mereka.


Apakah harus seperti itu ?

Apakah harus menggunakan tindakan anarkhis untuk mendapatkan sebuah gelar kehormatan raja sepakbola Indonesia ?

Tidak. Itu SALAH BESAR.

Menurut saya, dengan adanya pertandingan Piala AFF ini, setidaknya ada masyarakat yang menyadari bahwa, ketika mereka semua bersatu padu mengusung satu nama tanpa sebuah anarkisme akan terasa lebih indah daripada harus melakuakn segala bentuk pertempuran darah demi egoisme mereka semata.

Euforia kemenangan timnas Indonesia akan mencatat sebuah sejarah yang lebih penting daripada sekadar piala dan gelar kemenangan semata. Sejarah itu adalah,

BERSATUNYA RAKYAT INDONESIA.

Hidup Indonesia !

No comments:

Post a Comment